dihari keempat anak-anak sudah bersikap mandiri bermain berlari-lari kecil dengan teman baru maupun dengan teman yang pernah duduk di bangku waktu sekolah taman kanak-kanak,.Bergerak kesana kemari terlihat senang dan bahagia sambil mengikuti gerakan senam bugar bersama seluruh warga sekolah di hari sabtu bahagia
Tahap masa pengenalan lingkungan sekolah berikut dihari kelima yaitu pihak sekolah sebagai pencetak generasi bahagia dan mensejahterakan anak murid melalui kedisiplinan untuk mengikuti upacara bendera dihalaman sekolah. Semua anak murid baru sehari sebelum pelaksanaan upacara sudah diberi informasi menggunakan seragam lengkap,dan semua siswa mengikuti kegiatan rutinitas sekolah sebagai pencetak anak bangsa sebagai generasi yang cinta tanah air.
dihari keenam program masa pengenalan lingkungan sekolah mempunyai agenda kegiatan yaitu menggosok gigi bersama dan ini dilakukan oleh seluruh siswa SD Negeri 61. Kegiatan ini dilakukan untuk mengajak anak-anak membiasakan hidup bersih dan sehat,merawat kebersihan diri sebagai wujud syukur anak-anak sebagai makhluk ciptaan Allah.
Hari ketujuh, seperti biasa para guru menyambut kedatangan siswa didepan gerbang sekolah, kemudian anak baru berkumpul dihalaman sekolah melanjutkan kegiatan Ice Breaking,belajar berbaris rapi,berbaris saling berpegang tangan dengan teman di sebelahnya,berbaris berbentuk lingkaran,bermain game,bernyanyi kemudian persiapan pulang berdoa.
Berikut acara masa pengenalan lingkungan sekolah dihari kedelapan anak-anak berkumpul dihalaman sekolah sudah terlihat semakin mandiri,bahagia dan sudah mulai mengenali temannya melaksanakan Ice Breaking bersama kemudian makan bersama dengan menu 4 sehat 5 sempurna kegiatan dipandu oleh seluruh guru dan panitia memandu kegiatan. dengan menerapkan kesehatan dan kebersihan lingkungan tetap menjaga kebersihan sekolah dengan mengajak anak-anak membuang sampah pada tempatnya.
Selanjutnya dihari kesembilan anak-anak terus melanjutkan kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah dengan mengikuti kegiatan sholat duha bersama dihalaman sekolah berdoa,sholawat,berzikir, kultum dan berinfaq,bersalaman dengan guru-guru sebagai bentuk penguatan karakter religius.
Terakhir dihari kesepuluh, anak-anak semankin mandiri dan bertanggung jawab bahwa sekolah itu adalah tempat menimba ilmu untuk mencapai cita-cita dimasa depan,mengikuti senam bersama,sehat dan bugar sebagai generasi yang kuat. Hari terakhir masa pengenalan lingkungan sekolah telah terlaksana dengan baik,anak-anak sudah semakin mengenal guru-guru,teman antar teman dan para orangtua semankin kenal dan semakin dekat dengan orangtua satu sama lain.