You are currently viewing STUDEX sarana mempererat Silaturahmi, mempromosikan budaya, dan mempublikasikan UMKM

STUDEX sarana mempererat Silaturahmi, mempromosikan budaya, dan mempublikasikan UMKM

Pada sambutannya kepala sekolah menyerahkan para pelajar kepada masing-masing orangtua asuh dan berharap mereka bisa beradaptasi dan saling mengenal lebih dekat, dimana sebelumnya mereka telah difasilitasi oleh panitia untuk berkenalan di dunia maya.

Pada keesokan harinya Senin, 26 Februari 2024, rombongan pelajar tersebut ke sekolah dengan mengikuti upacara. Pada kesempatan menjadi pembina kepala sekolah memperkenalkan pelajar dari SMP Labschool kepada seluruh pelajar SMPN2 Pangkalpinang yang berjumlah 1.170 siswa.

Beberapa tujuan dari kegiatan Studex ini adalah :
1. Menjalin silaturahmi masing-masing pihak , baik antara kedua sekolah, kedua keluarga, maupun kedua pelajar.
2. Saling memperkenalkan dan mempelajari budaya belajar dan budaya daerah setempat.
3. Memperkenalkan Usaha-usaha kecil produktif yang dikenal dengan UMKM di wilayah setempat.

Oleh karena itu, bukan hanya belajar di kelas, rombongan dari SMP Labschool diajak menuju UMKM pengrajin Lidi Nipah, disana anak-anak diperkenalkan tentang bagaimana memperoleh bahan, mengelolanya menjadi benda-benda hiasan, dan untuk keperluan rumah tangga, dan bagaimana pemasarannya. Tidak hanya sekedar mendengar, melainkan juga anak-anak dibimbing untuk membuat souvenir dari bahan lidi nipah.

Hari berikutnya, rombongan diajak menuju pengrajin kain Cual khas Bangka Belitung, banyak halbyang dipelajari disamping mengenal kain motif kuno ratusan tahun yang lalu, dan bagaimana cara menenun, anak-anak yang terdiri atas rombongan pelajar dari 8 orang SMPN2 dan 8 Orang dari SMPN2 beserta pendampingnya merasa riang gembira karena pengrajin kain cual ini memberikan hadiah sepotong kain Cual kepada pelajar yang bisa menjawab pertanyaan seputar materi yang telah dijelaskan oleh bu Maslina sebagai pengrajin kain Cual, dan hadiah tersebut jatuh kepada salah seorang siswa SMPN2.

Tinggalkan Balasan