You are currently viewing Pojok Refleksi Dunia Pendidikan: Membongkar Tabir Perundungan di Kalangan Anak Usia Remaja

Pojok Refleksi Dunia Pendidikan: Membongkar Tabir Perundungan di Kalangan Anak Usia Remaja

Sebelum kita melakukan berbagai tindakan preventif, kita perlu memahami beberapa hal terkait dengan perundungan atau bullying, di antara:

Pengertian Perundungan

Perundungan adalah perilaku agresif yang dilakukan secara terus-menerus dan disengaja untuk menyakiti, merendahkan, atau mendominasi orang lain secara fisik, verbal, atau melalui media sosial. Hal ini dapat terjadi di berbagai lingkungan, termasuk sekolah, tempat kerja, online, dan bahkan di lingkungan sosial.

Faktor Terjadinya Perundungan

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang melakukan perundungan, yang terkadang bisa berasal dari pengalaman negatif dalam keluarga atau lingkungan sekitar,

Tindakan kekerasan atau pengabaian menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, sementara faktor lain juga memungkinkan menjadi sebuah dorongan untuk merasa berkuasa dan mengendalikan orang lain.

Berikutnya karena faktor kurangnya memiliki rasa empati, atau pernah mendapatkan tekanan dari teman sebaya atau kelompok untuk berperilaku negatif.

Akibat Terjadinya Perundungan

Dampak perundungan bisa sangat merusak, tidak hanya bagi korban tetapi juga bagi pelaku dan masyarakat secara keseluruhan. Korban perundungan sering mengalami stres, depresi, kecemasan, dan bahkan trauma psikologis yang berkepanjangan.Ini juga dapat mempengaruhi kesehatan fisik mereka, mengganggu perkembangan sosial dan emosional, dan bahkan meningkatkan risiko perilaku yang berisiko seperti penyalahgunaan zat.

Tinggalkan Balasan