You are currently viewing Sekelumit tentang gelar karya P5

Sekelumit tentang gelar karya P5

Oleh : Herlina, S.Pd ( Kepsek SMPN2)

Alhamdulillah, senang sekaligus bangga terhadap dinas pendidikan dan kebudayaan kota Pangkalpinang yang telah memfasilitasi GELAR KARYA P5 untuk tk SD dan SMP tanggal 9 dan 10 November 2023, apresiasi yang tinggi patut diberikan, Karena dengan informasi dan persiapan yang minim ternyata disambut dengan antusias dan sigap oleh beberapa sekolah yang tentunya telah menyelesaikan 1 projek di semester 1 untuk tahun pelajaran 2023-2024 dan telah menyelesaikan 5 projek untuk sekolah yang telah melaksanakan IKM dari tahun pelajaran 2022-2023, seperti SMPN2 misalnya.

Esensi dari GELAR KARYA ini sesuai dengan panduan pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasila adalah bagaimana membangun karakter pelajar sesuai dengan 6 dimensi profil pelajar pancasila yaitu beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Masa Esa dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, gotongroyong, mandiri, kreatif dan bernalar kritis.

Dimensi yang dibungkus ke dalam sebuah projek bertema tertentu dan berangkat dari permasalahan di sekitar pelajar endingnya menjadikan pelajar yang berkarakter, tanggguh dan mampu mencari solusi dan menyelesaikan permasalahan yang semakin rumit ke depan di era 4.0 bahkan 5.0.

Berbekal penggarapan projek penguatan profil pelajar pancasila, pelajar difasilitasi agar menjadi insan yang peka terhadap permasalahan, dapat menentukan solusi terhadap permasalahan tersebut, dan secara tingkatan pelajar sesuai dengan fase masing-masing mampu mengkemas solusi tersebut dalam berbagai bentuk sesuai peminatan dan bakat yang mereka punya. Sehingga timbul lah produk yang isinya mungkin menghimbau, mengajak, menginformasikan kepada warga sekolah dan sekitarnya tentang ” ini lah karya kami, kami ingin agar khalayak paham dan tahu bagaimana perlakuan terhadap alam, terhadap budaya , terhadap sesama manusia dan lain sebagainya”. Dan perilaku yang sudah dibangun berharap terus terpelihara menjadi sebuah kebiasaan.

Tinggalkan Balasan