You are currently viewing INDAHNYA KEBERSAMAAN TUMBUHKAN RASA KEKELUARGAAN

INDAHNYA KEBERSAMAAN TUMBUHKAN RASA KEKELUARGAAN

Dalam pencapaian kekompakan guru-guru disekolah selain menumbuhkan nilai moral dan etika baik  tentunya akan memperoleh banyak manfaat seperti dikutip dari pernyataan dalam buku Ki Hadjar Dewantara Bagian Pertama: Pendidikan (1962) pembelajaran yang ideal adalah ketika rasa dan karsa seimbang. Artinya, kesuksesan pendidikan tidak hanya prestasi akdemik dan kecakapan keterampilan, namun juga rasa (keadaan hati nurani) yang juga baik. Kebersamaan menumbuhkan rasa kekeluargaan dan solidaritas yang membentuk nilai moral akan mengembangkan etika baik. Berdasarkan hal tersebut kebersamaan dalam lingkungan pertemanan baik guru dan seluruh warga disekolah akan mendorong  anak didik untuk bermoral dan beretika baik dalam kesehariannya,dengan demikian budaya positif yang tercipta pada diri warga sekolah akan menumbuhkembangkankan sikap toleransi saling menyayangi dalam kasih sayang asih,asah dan asuh.  

Kebersamaan,kekompakan antar teman,guru di sekolah sebagai bentuk inovasi menyadarkan bahwa guru maupun siswa memiliki keberagaman dalam individu di lingkungan sekolah adalah satu hal yang akan menyatukan perbedaan menjadi landasan untuk saling menghargai dan menghormati satu sama lain,dan rasa toleransi ini menjadi suatu hal yang akan membangun hubungan sosial yang baik. Tumbuhnya sikap prilaku baik sebagai nilai toleransi merupakan pembelajaran bagi guru-guru dalam menggerakkan contoh langsung sikap bernilai moral,beretika sehingga menciptakan lingkungan kerja yang sehat satu sama lain akan saling bergandengan tangan untuk menuju berkemajuan.

Membangun rasa kebersamaan hal yang mudah apabila saling menghargai perbedaan ,menghormati,mengutamakan toleransi sebagai nilai-nilai dasar yang akan terus membudaya berdampak kepada psikis guru-guru. Semangat untuk kebersamaan,memufuk kepribadian baik bersama teman sejawat lewat canda tawa hidup jadi lebih sehat, bebas dari stress. Berkumpul bersama menyatukan tujuan,menambah wawasan dan  ide-ide,akan menyenangkan menjadikan pikiran fresh kemudian beban rutinitas kerja akan terasa ringan,dan yang paling penting dalam kebersamaan akan memperkuat tali silaturahim merupakan amanah untuk memudahkan,dan menambah  rezeki

Tinggalkan Balasan