You are currently viewing Liburan Sekolah sebagai Refresing bagi Peserta Didik

Liburan Sekolah sebagai Refresing bagi Peserta Didik

Oleh Susana, S.Pd.SD,  SD Negeri 52 Pangkalpinang

Sebentar lagi liburan sekolah Tahun Pelajaran 2022/2023  akan di mulai yakni tanggal 26 Juni  sampai tanggal 16 Juli 2023 dan masuk kembali tanggal 17 Juli 2023 dan memasuki  tahun Pelajaran 2023/2024 . Liburan sekolah merupakan masa yang ditunggu oleh peserta didik , dengan liburan tiba pasti disambut peserta didik dengan senang dan gembira ria, seperti kutipan lagu anak -anak “ libur telah tiba libur telah tiba , hore- hore dengan begitu betapa senangnya para peserta didik masa libur, Namun para Bapak dan Ibu Guru masih mengolah nilai raport para peserta didik sebagai laporan hasil belajar pesert didik selama kurun waktu yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Pembagian hasil belajar peserta didik selama peserta didik duduk di kelas mereka ampu. Dan pembagian raport tersebut pada tagl 23 atau 24 Juni 2023.Seseuai drengan kalender pendidikan yang sudah ditetapkan oleh dinas Pendidikan dan Kebudayaaan Pangkalpinang.

Liburan sekolah adalah suatu masa yang dinantikan oleh peserta didik  dan suatu masa di mana peserta didik  dapat meluangkan waktu yang bebas dari tugas sekolah dan liburan ini adalah bisa refresing setelah lama belajar yang menguras pikiran.

Masa liburan bagi perta didik mulai melakukan kegiatan yang menyenangkan misalnya mengunjungi suatu tampat atau destinasi liburan yang bagus dan mengunjungi tempat- tempat yang ngehits sekarang, atau bagi orang tua yang memang consern terhadap perkembangan bakat dan minat  anaknya merupakan moment penting karena dengan waktu yang luang dapat mengembangkan hobi anak- anak mereka misalnya mengisi waktu luang sesuai hobi anak mereka apakah les renang, ikut latihan  tari, ikut latihan dram band atau lebih meningkatkan hafalan surat – surat pendek, serta anak – anak mereka dimasukkan ke pesantern fokus pada hafalan ayat suci Alquran

Banyak sekali  manfaat dari liburan  sekolah ini antara lain:

Sebagai resfering bagi peserta didik yang sudah menguras pikiran dan tenaga mereka maka perlu refres kembali sehingga masuk kembali ke sekolah peserta didik memiliki semangat baru tenaga dan pikiran baru.

Memberi kesempatan  waktu yang bebas peserta didik bersama keluarga tercinta atau quality time sehingga lebih banyak bersama keluarga dan lebih mengakrabkan kembali dengan keluarga terkadang masa sekolah banyak menyita waktu peserta didik menyelesaikan tugas sekolah singga quality time bersama keluarga jadi jarang bersama.

Untuk memberi kesempatan kepada peserta didik untuk beristirahat ini sangat penting bagi perkembagan dan pertumbuhan peserta didik artinya peserta didik jangan sampai terlalu letih lebih- lebih peserta didik yang masih usia dini seperti peserta didik yng masih duduk di kelas 1, 2 dan 3. Mereka perlu belajar sambil bermain jangan sampai mereka bosen dan ogah belajar bila sudah terlalu capek atau dipaksakan untuk terus belajar.

Masa libur bukan berarti bagi peserta didik untuk tidak mengatur waktu untuk belajar dengan kata lain libur ya libur namun peserta didik mesti  mengulang kembali pembelajaran hingga tidak lupa belajar dan belajar. Peserta didik terkadang kalau libur memang libur tanpa termotivasi untuk untuk belajar di masa liburan dan memang peserta didik mterus menikmati waktu libur. Sangat penting untuk menggunakan waktu liburan untuk belajar karena otak kita adalah otot, dan seperti otot yang lain ia akan kehilangan kekuatannya saat peserta didik berhenti menggunakan pikiran untuk belajar.

Ada beberapa hal yang harus dilakukan peserta didik selama liburan sekolah antara lain:

Evaluasi pembelajaran yang di semester sebelumnya peserta didik masih kurang, belajar untuk semester berikutnya, dan jangan lupa harus santai saja bagi peserta didik sehingga makna dari liburan tetap dinikmati serta dijalani enjoy saja.

Sebagai penutup tulisan ini kami menghimbau terutama bagi para orang tua peserta didik terus membimbing anak- anak mereka belajar dan mengulang kembali pembelajaran sehingga meski libur tetap mengisi waktu dengan sebaik- baiknya jangan sampai digunakan waktu hanya bermain saja, juga tetap mengawasi dan memantau serta menjaga pergaulan anak- anak mereka , dan penggunaan gadjet jangan sampai tidak ingat waktu maka perlu pengawasan dan penjagaanorang tua  terhadap anak- anak mereka.

Selamat menikmati waktu liburan sekolah bersama kelurga, dan teman serta kerabat semoga liburan tahun ini membawa keberkahan dan kebahagiaan baik bagi Bapak dan ibu guru serta tendik.

Semoga Allah SWT melimpahkan rahmat dan ridho serta kita semua dalam lindunganNya Amiin ya robbalalamiin .

Tinggalkan Balasan