You are currently viewing Siswa Sixgab Semarakkan PEHCUN Pecahkan Rekor MURI

Siswa Sixgab Semarakkan PEHCUN Pecahkan Rekor MURI

Oleh : Resti Tri Adinda, SD Negeri 6 Pangkalpinang

Bangka, sebuah Kepulauan dengan beragam budaya dan adat istiadat. Salah satunya yaitu Semboyan Thong Ngin Fan Ngin Jit Jong yang berarti etnis tionghoa dan melayu sama saja.

Kamis, 22 Juni 2023 di sebuah pantai yang langsung menghadap ke laut cina selatan  Pemerintah Kota Pangkalpinang melalui Dinas Pariwisata Kota Pangkalpinang telah mengadakan Festival Pasir Padi. Di festival ini juga dilaksanakan pemecahan rekor MURI mendirikan 2023 telur yang di ikuti oleh sekolah – sekolah yang ada di kota Pangkalpinang. Untuk memeriahkan acara ini, SDN 6 Pangkalpinang juga ikut berkontribusi dalam memecahkan rekor MURI.

Pukul 8 Pagi siswa-siswi sudah berkumpul di titik kumpul yang berada di dekat Musholah. Sekitar 30 siswa dari kelas 4 dan kelas 5 ikut berpartisipasi dalam acara ini, di antaranya 17 laki laki dan 15 perempuan. Telur yang di bawa oleh siswa jumlahnya juga beragam, ada yang satu buah, dua buah, dan tiga buah. Para siswa di dampingi oleh tiga orang pembimbing saat acara berlangsung.

Untuk melatih jiwa kepemimpinan, setiap siswa wajib menjaga telurnya masing – masing sampai pukul 11.00. Hal ini bertujuan untuk melatih tanggung jawab dan disiplin. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi salah satu bentuk dari Project Based Learning yang merupakan bentuk wujud dari Kurikulum Merdeka. Dimana para siswa-siswi  terjun langsung dalam mempelajari budaya yang ada di daerahnya sendiri. Para siswa menyaksikan festival barongsai, merangkai telur seroja, dan festival Pehcun. Ternyata sekitar 30% siswa masih ada yang belum mengetahui apa itu tradisi Pehcun. 

Tinggalkan Balasan