You are currently viewing Program Sekolah Pada Bulan Suci Ramadhan 1445H Tingkatkan Kualitas Ibadah Anak Didik

Program Sekolah Pada Bulan Suci Ramadhan 1445H Tingkatkan Kualitas Ibadah Anak Didik

Oleh. Mulyani, Kepala SD Negeri 27 Pangkalpinang

Bulan Suci Ramadhan bulan yang berkah merupakan bulan mulia penuh dengan pengampunan     dan rahmat-Nya Allah SWT,bulan yang kedatangannya selalu dirindukan umat muslim. Maka untuk meraih keberkahan di bulan Ramadhan,SD Negeri 27 Pangkalpinang melaksanakan penguatan program religius mata pelajaran Agama Islam yang bertema Ramadhan membawa berkah. Berbagai kegiatan yang dilaksanakan sangat bermanfaat bagi anak didik sebagai generasi Qur’ani untuk mencari nilai tambah ibadah serta sebagai pundi-pundi pengumpulan ladang amal pahala. Selain  itu manfaat dari program sekolah dibulan ramadhan akan melatih anak didik agar dapat bertanggungjawab sebagai hamba Allah yang disiplin dalam menjalankan ibadah puasa,melatih anak didik untuk jujur dalam dirinya serta peka terhadap lingkungan sekitar. Kegiatan- kegiatan yang dilaksanakan meliputi one day one juz,berbagi dan bersedekah infaq kepada fakir misikin,duafa/yatim/piatu/yatim piatu,pesantren kilat,ceramah agama,berbagi takjil kemudian dilanjutkan dengan kegiatan buka bersama anak-anak, guru –guru serta staff dan Tendik disekolah.

Pada kegiatan pertama diawal Ramadhan mulai dengan kegiatan one day one juz,sebagai aktivitas mentadarus bacaan Alqur’an yang dilakukan bersama-sama disekolah. Kegiatan dilakukan oleh anak didik,pendidik dan tenaga kependidikan. Membaca Alqur’an dilaksanakan setiap hari waktu jam sekolah dan dilanjutkan pada saat anak-anak libur dirumah. Program one day one juz diharapkan agar  seluruh warga sekolah mendalami ibadah dengan mengisi waktu dibulan Ramadhan sehingga dapat membawa barokah hidup untuk semuanya. Melalui program ini dapat meningkatkan kualitas diri serta ketaqwaan warga sekolah dalam beribadah dan terlaksananya program ini Insya Allah akan membangun kebiasaan baik dan akan berdampak kepada kemajuan sekolah dalam perencanaan program serta laporan kegiatan.

Untuk kegiatan membaca Alqur’an diatur sesuai dengan usia anak didik disusun sebagai berikut kelas I sampai kelas III membaca surah pendek ,juz ammah,baca iqro, serta kelas IV sampai kelas VI membaca Al-Qur’an. Program ONE DAY ONE JUZ akan memberi pemahaman kepada anak didik bahwa dengan membaca Alqur’an mendapatkan pahala dan membuka pintu-pintu kebaikan serta rahmat dari setiap huruf yang dibaca,sehingga memunculkan rasa ketenangan pada jiwa dan yang paling berkah yaitu mendulang pahala serta membuka pintu kebahagiaan dunia maupun akhirat. Alqur’an sebagai pedoman hidup dan petunjuk bagi orang-orang yang beriman,meningkatnya kedisiplinan anak didik dengan menjadikan kebiasaan membaca Alqur’an.

Tinggalkan Balasan