You are currently viewing Gelar Karya P5 untuk Meningkatkan Potensi dan Semangat Kolaborasi

Gelar Karya P5 untuk Meningkatkan Potensi dan Semangat Kolaborasi

Gelar Karya P5 memberikan kesempatan bagi siswa untuk menunjukkan bakat dan kemampuan siswa dalam berbagai bidang, tidak hanya dalam bentuk produk, tetapi dapat berupa unjuk potensi sesuai bakat dan minat siswa masing-masing. Selain itu, Gelar Karya P5 memberikan ruang bagi siswa untuk menunjukkan kreativitas dan inovasinya dalam menyelesaikan projek. Siswa juga belajar untuk bertanggung jawab atas projek dan bekerja secara mandiri untuk menyelesaikannya. Gelar Karya P5 juga menjadi ajang kolaborasi antarsiswa, guru, dan orang tua. Dalam hal kolaborasi antarsiswa, siswa belajar untuk bekerja sama dengan teman-temannya dalam mencapai tujuan bersama. Dalam hal kolaborasi antara siswa dan guru, guru berperan sebagai fasilitator dan pembimbing bagi siswa dalam menyelesaikan projek. Adapun dalam hal kolaborasi antara siswa dan orang tua, orang tua dapat terlibat dalam proses projek dengan memberikan dukungan dan masukan kepada siswa.

Gelar Karya P5 bukan ajang pamer tanpa makna saja, tetapi memiliki dampak positif. Dampak positifnya, antara lain,

1) Meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi siswa,

2) Meningkatkan kemampuan komunikasi dan presentasi siswa,

3) Meningkatkan kerja sama dan kolaborasi antarsiswa, guru, dan orang tua,

4) Meningkatkan kreativitas dan inovasi siswa, dan

5) Meningkatkan rasa cinta dan bangga terhadap hasil karya sendiri.

IKM dan P5 merupakan dua elemen penting dalam pendidikan di Indonesia saat ini. IKM memberikan ruang bagi sekolah untuk merdeka dalam mengembangkan kurikulum, sedangkan P5 berfokus pada pengembangan karakter dan kompetensi siswa yang sejalan dengan profil pelajar Pancasila. P5 memberikan pengalaman belajar yang kontekstual dan bermakna bagi siswa, serta membantu mereka untuk mengembangkan keterampilan abad ke-21 yang dibutuhkan untuk masa depan. Selain itu, dengan melaksanakan Gelar Karya P5 maka akan tumbuh benih potensi dan kolaborasi yang mewujudkan sinergi. (*)

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Gelar Karya P5 untuk Meningkatkan Potensi dan Semangat Kolaborasi, https://bangka.tribunnews.com/2024/02/08/gelar-karya-p5-untuk-meningkatkan-potensi-dan-semangat-kolaborasi.

Tinggalkan Balasan