You are currently viewing Gelar Karya P5 untuk Meningkatkan Potensi dan Semangat Kolaborasi

Gelar Karya P5 untuk Meningkatkan Potensi dan Semangat Kolaborasi

Siswa juga dapat melakukan aksi nyata sebagai respons terhadap isu-isu tersebut sesuai dengan perkembangan dan tahapan belajar mereka. (https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/diakses tanggal 06 Februari 2024),

P5 bertujuan untuk:

1) Mengembangkan karakter dan kompetensi siswa sesuai dengan profil pelajar Pancasila. P5 membantu siswa untuk menjadi pribadi yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, kreatif, bernalar kritis, dan bertanggung jawab.

2) Memberikan pengalaman belajar yang kontekstual dan bermakna. P5 memungkinkan siswa untuk belajar dari permasalahan nyata di lingkungan sekitar dan mencari solusi yang kreatif dan inovatif.

3) Mengembangkan keterampilan abad ke-21, artinya P5 membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan berkomunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, dan kreatif.

Dalam P5, akan ada puncak dari rangkaian tahapan (pengenalan, kontekstualisasi, aksi, refleksi, dan tindak lanjut) dalam setiap projek yaitu Gelar Karya P5. Gelar Karya P5 merupakan sebuah pameran hasil karya projek yang dilakukan oleh siswa-siswi di akhir semester. Gelar Karya P5 tidak hanya bertujuan untuk menunjukkan hasil karya siswa, tetapi juga untuk meningkatkan potensi dan semangat kolaborasi antarsiswa, guru, dan orang tua.

Tinggalkan Balasan