You are currently viewing Pencegahan Terjadinya Bullying di Sekolah

Pencegahan Terjadinya Bullying di Sekolah

Adapun penyebab terjadinya bullying banyak faktor antara lain : pola asuh keluarga yang terlalu keras, misalnya kebiasaan menggunakan hukuman fisik kepada anak oleh orang tuanya, sehingga menyebabakan anak akan cendrung agresif dan kasar kepada orang lain. Dan bisa juga anak sering melihat orang lain melakukan kekerasan.atau bisa juga anak tersebut pernah menjadi korban bully, dan kurangnya anak mendapat perhatian dari keluarga dan orang di sekitarnya. Serta penyebab lainnya adalah larena keininan dari anak menjadi populer sehingga pelaku bully berbuat apa saja yang bisa menjjadikan dia poupuler.

Ketika siswa- siswa berada di lingkungan sekolah yang merupakan tempat yang aman dan nyaman untuk menimba ilmu dan bergaul dengan guru- guru dan temantemannya ketika itu pula baik secara langsung berintraksi dengan semua warga sekolah indikasi terjadinya bullying sangat berpotensi terjadinya bullying, dan bila terjadi bullying di sekolah guru- guru harus memiliki tanggung jawab penuh dalam mencegah dan menangani kasus bullying tersebut.

Ada beberapa cara yang bisa menjadi referensi pencegahan bagi guru – guru dalam mencegah terjadinya bulliyng di sekolah antara lain menjadi guru yang peka terhadap prilaku siswa- siswa yang terkadang tidak terjadi di depan mata ,bahkan perilaku bullying terjadi di tempat yang tersembunyi bisa di halaman belakang sekolah, di toilet atau di ruang kelas yang sepi , maka penting nya semua warga sekolah bukan saja guru untuk mengawasi perilaku siswa yang mencurigakan.

Tinggalkan Balasan