You are currently viewing Pentingnya MPLS di Awal Tahun Pelajaran Baru

Pentingnya MPLS di Awal Tahun Pelajaran Baru

Oleh Susana.S.Pd, SD Negeri 52 Pangkalpinang

Pendidikan adalah upaya mentranfer ilmu pengetahuan, keterampilan, dan memperluas wawasan serta tak kalah penting pendidikan adalah membentuk kepribadian peserta didik yang berakhlak mulia atau dengan kata lain membentuk karakter peserta didik. Hal ini sesuai dengan fungsi dan tujuan pendidikan nasional pada Undang – undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab II Pasal 3 yang menyatakan bahwa:

Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembankan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan serta menjadi warga negara Indonesia yang demokratis dan bertanggung jawab.

Mengacu kepada Undang- undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas setiap memasuki tahun pelajaran baru setiap satuan pendidikan baik tingkat sekolah Dasar, sekolah menengah pertama maupun  sekolah lanjutan atas dan bahkan perguruan tinggi melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah yang disingkat MPLS.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ( MPLS) yang biasa dikenal dengan Masa Orientasi Sekolah (MOS) merupakan kegiatan yang dilaksanakan di sekolah diadakan setiap awal tahun pelajaran untuk menyambut kedatangan para peserta didik baru. Dengan adanya kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) memberikan manfaat yang sangat berpengaruh terhadap peserta didik baru antara lain, menumbuhkan rasa percaya diri pada diri peserta didik baru  ketika bertemu dengan orang lain, meningkatkan kemampuan berinteraksi peserta didik baru  baik secara individu dengan individu baru ataupun individu dengan kelompok, melatih kemampuan dalam bersosialisasi dengan lingkungan sekitar dan kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Dan membantu peserta didik beradabtasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, saran dan prasarana sekolah menumbuhkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya serta menumbuhkan motivasi dan cara belajar efektif, menggali minat dan bakat serta potensi peserta didik secara spesifik.

Tinggalkan Balasan