You are currently viewing SMPN 2 Pangkalpinang melepas 363 siswa kelas IX Tahun Pelajaran 2022-2023

SMPN 2 Pangkalpinang melepas 363 siswa kelas IX Tahun Pelajaran 2022-2023

Oleh : Herlina ( SMPN 2 Pangkalpinang)

Momen yang paling mendebarkan dan dinanti-nanti setelah tiga tahun menuntut ilmu di bangku SMP adalah pengumuman kelulusan dan perpisahan. Pada tanggal 8 Juni 2023 pengumuman kelulusan serentak di seluruh SMP kota Pangkalpinang.

SMPN 2 Pangkalpinang mengemas kegiatan pengumuman kelulusan sedemikian rupa agar penyerahan pengumuman kelas 9 dan kegiatan penilaian akhir tahun kelas 7 dan 8 tetap berlangsung sesuai dengan jadwal di kalender pendidikan SMPN 2 Pangkalpinang tahun pelajaran 2022-2023.

Tepat pukul 08.00 wib Kegiatan penyerahan pengumuman kelulusan dan raport kelas IX bertempat di pendopo, terdapat sepuluh meja  dimana setiap meja ditempati oleh wali kelas dan orangtua dengan tertib antri menerima surat keterangan tanda kelulusan tersebut.

Sementara itu pada pukul 07.00 wib di tempat terpisah anak-anak kelas 9 berkumpul di lapangan upacara untuk menerima wejangan mengenai kegiatan perpisahan yang akan digelar pada tanggal 10 Juni 2023. Setelah itu mereka secara bergiliran melakukan foto bareng bersama-sama kepala sekolah dan wali kelas masing-masing.

Tidak terasa waktu begitu cepat bergulir sebanyak 363 siswa kelas IX SMPN 2 Pangkalpinang dinyatakan lulus berdasarkan hasil keputusan rapat dewan guru dan TU yang dilaksanakan pada tanggal 7 Juni 2023.

Rasa bahagia dan haru saat perpisahan dan penyerahan kembali anak-anak kepada orangtua di gelar di gedung Graha Timah pada tanggal 10 Juni 2023. Kegiatan tersebut dimulai persiapannya pukul 06.45 di mana anak-anak sudah berkumpul di gedung pertemuan tersebut lengkap dengan pakaian khas melayu. karena tema perpisahan ini mengusung adat melayu maka tak heran para guru, TU dan pegawai sekolah juga anak-anak bepakaian melayu termasuk selama kegiatan mulai dari MC dan sambutan pun bertabur pantun melayu. Hadir pada kesempatan itu pengawas sekolah pak Eko Heri Priyanto, ibu sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Pangkalpinang ibu Rosi Elfarida, M.Pd, ibu wali kota Pangkalpinang ibu Monica Haprida., kepala sekolah dan perwakilannya dari SMP dan SD terdekat di kecamatan Gerunggang serta para orangtua dan tamu lainnya.

Tema kegiatan perpisahan tahun pelajaran 2022-2023 adalah “Raihlah Ilmu Menjulang Tinggi, Harkat Melayu Takkan Terganti”. Kepala sekolah  pada sambutannya menyampaikan bahwa terimaksih kepada komite, Paguyuban dan semua pihak terkait yang selama ini telah memberi support baik berupa pemikiran maupun materi dan berharap ke depan tetap bergandengan tangan dan berkolaborasi demi memajukan SMPN 2 Pangkalpinang menjadi lebih baik lagi, selain itu disampaikan juga mengenai prestasi-prestasi siswa yang telah dicapai, salah satunya tentang keberhasilan siswa SMPN2 Pangkalpinang pada tahun yang lalu berhasil menembus kancah Internasional dengan meraih penghargaan perunggu pada olimpiade Sains di Abudabi. Pada tahun ini pun seorang siswa akan berangkat ke Korea pada bulan Juli 2023 pada kegiatan Pramuka yaitu Jambore Internasional. Sungguh suatu kebanggaan atas perolehan prestasi mereka dan atas kerja keras para pembimbing. Dan harapan teruslah berprestasi dan menjadi yang terbaik, apalagi SMPN 2 telah dikenal sejak dulu dengan pencapaian berbagai prestasi, demikianlah yang telah disampaikan oleh sekretaris dinas pendidikan dan kebudayaan yaitu ibu Rosi Elfarida, M.Pd pada sambutannya mewakili kepala Dinas.

Rangkaian kegiatan Purnawiyata kelas 9 diakhiri dengan prosesi pengalungan Gordon dan penyerahan map yang didalamnya terdapat Surat Keterangan Lulus (SKL) sebagai pengganti Ijazah sementara yang belum diterbitkan, dan SKL ini akan dipergunakan mendaftar ke sekolah SMA/SMK/MAN.

Ucapan terimakasih disampaikan kepada para guru dan TU atas segala jerih payah selama ini telah membimbing anak-anak mereka dituturkan oleh perwakilan orangtua, sebagai penutup prosesi yaitu penyerahan secara simbolis siswa kepada orangtua, dengan diiringi pantun

Kata dirangkai menjadi Madah
Ingin jadikan alunan nada
Masa SMP berakhirlah sudah
Izinkan kami kembalikan ananda

Serta doa semoga anak-anak menjadi anak-anak yang soleh dan solehah, serta sukses dunia akhirat.

========================================================

Tinggalkan Balasan