You are currently viewing Wali Kota Pangkalpinang Menilai Pramuka Jadi Sarana Efektif Membangun Karakter

Wali Kota Pangkalpinang Menilai Pramuka Jadi Sarana Efektif Membangun Karakter

BANGKAPOS.COM, BANGKA — Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil mengatakan, pramuka adalah sarana yang efektif untuk membangun karakter generasi muda.

Dengan begitu, pramuka menjadi wadah pendidikan generasi muda untuk ikut mewujudkan cita-cita bangsa.

Hal itu terlihat dari disiplin para anggota pramuka yang mengikuti upacara, mereka tetap tangguh berdiri di bawah guyuran hujan saat upacara Hari Pramuka ke-61 di Alun-alun Taman Merdeka, Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu (24/9/2022) kemarin.

“Adik-adik pramuka ini tidak diragukan lagi disiplinnya. Saya salut,” kata Maulan Aklil dalam keterangan tertulisnya yang diterima Bangkapos.com, Minggu (25/9/2022).

Maulan Aklil mengungkapkan, pada peringatan pramuka kali ini dengan mengangkat tema ‘Mengabdi Tanpa Batas Untuk Membangun Ketangguhan Bangsa’ dinilai sangat tepat.

Di mana dalam Pramuka ini diajarkan bagaimana cinta tanah air, bela negara, gotong royong, menghargai kebhinekaan, membangun karakter bangsa dengan bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Tentunya melalui momentum ini bisa menjadi pemantik agar anggota Pramuka lebih semangat, peduli, serta kebersamaan dan kekompakan yang semakin kuat.

Ini untuk membentuk agar menjadi karakter yang mampu bangkit dalam menghadapi kondisi sesulit apapun.

“Dengan karakter ini, Insya Allah para adik pramuka ini akan menjadi menjadi kader-kader penerus kami nantinya,” jelas Molen sapaan akrabnya.

Di sisi lain lanjut dia, pendidikan karakter perlu terus digalakkan karena ada sikap prihatin dari kebanyakan orangtua yang khawatir dengan perkembangan anak-anaknya.

Melalui kegiatan Pramuka ini diharapkan mampu membangun kecerdasan siswa pada ranah afeksi terutama sikap dan perilaku.

Sehingga siswa akan mampu mengembangkan karakternya secara positif.

Bahkan melalui kegiatan pramuka, ia optimis Kota Pangkalpinang bisa menjadi leading (Utama) dalam membentuk sumber daya manusia berkarakter melalui Pramuka.

“Dengan karakter seperti ini saya rasa PangkalPinang bisa segera leading,” ucapnya.

Kendati demikian Molen menegaskan, pemerintah kota akan terus memperbanyak kegiatan pramuka di Pangkalpinang, sehingga dapat memperoleh predikat Pramuka terbaik se-Bangka Belitung.

“Kita akan melaksanakan kegiatan di bumi perkemahan Kota Pangkalpinang yang baru, kita akan resmikan dengan satu kegiatan nanti,” ungkap Molen.

Pada kesempatan itu, sebanya tujuh orang dari Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kota Pangkalpinang memperoleh lencana Pancawarsa tahun 2022. Mereka yakni Kartini, Hery, Elfita, Indriani, Fera, Hary, dan Febri Yanto.

Pemberian Piagam Penghargaan Lencana Dharma Bhakti tersebut berdasarkan keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 091 Tahun 2022 tentang Penganugerahan Tanda Lenghargaan Lencana Dharma Bhakti, yang ditandatangani oleh Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Budi Waseso, tertanggal 8 Agustus 2022.

Lencana Pancawarsa, yaitu tanda penghargaan yang diberikan kepada anggota dewasa Gerakan Pramuka, sebagai penghargaan atas kesetiaannya kepada organisasi dan keaktifannya melakukan kegiatan orang dewasa Gerakan Pramuka.

Sumber berita https://bangka.tribunnews.com/2022/09/25/wali-kota-pangkalpinang-menilai-pramuka-jadi-sarana-efektif-membangun-karakter