You are currently viewing PENGUMUMAN KELULUSAN

PENGUMUMAN KELULUSAN

Oleh: MULYANI,S.Pd    Kepala SD Negeri 61 Kota Pangkalpinang

Enam tahun berlalu,tak terasa begitu cepat terlewati waktu membersamai guru- guru dan teman-teman  yang saat ini harus ditinggalkan demi melangkah melanjutkan cerita kehidupan kependidikan berikutnya.  Rasanya seperti baru kemarin  melihat kalian masuk pertama di kelas 1,kala itu berbagai ekspresi nampak dari raut wajah tampak menghiasi dari tingkahlaku lucupun masih terbayang hingga saat ini. Ketika itu ada yang berwajah polos, meringis, dan bahkan memilih berebutan meja kursi agar dapat duduk dekat dengan ibunya, berkenalan dengan teman-teman, bercanda, tertawa, serta dapat mengenal  bapak dan ibu guru yang selalu siap dan tidak pernah lelah mendidik,membimbing dan mengajar agar anak-anak dapat berproses mandiri.

Selama kurun waktu itu pula, tanpa disadari kalian melewati banyak kisah dan cerita yang penuh makna telah terjadi baik suka maupun duka ketika disekolah. Mulai dari salah kata,sikap,tutur  yang kurang sopan kepada guru maupun teman-teman. Untuk hal ini  para guru berupaya dan terus berusaha membimbing membentuk karakter dengan bermacam stategi supaya tujuan utama mencerdaskan kehidupan generasi bangsa menjadi anak yang berbudi, berakhlak,terdidik, dan berkarakter sehingga dapat memperoleh derajat, prestasi dan status  yang dapat membanggakan kedua orangtua serta  berguna bagi orang lain. Kesabaran guru-guru dalam membimbing, memberi nasehat yang penuh makna, teladan yang baik dan banyak lagi peran penting guru untuk anak didik  selama menempuh pendidikan di sekolah dasar SD Negeri 61 Kota Pangkalpinang. Guru akan senang dan bahagia melihat anak didiknya mencapai seperti yang diharapkan, namun sebaliknya guru merasa sedih melihat anak didiknya apabila tidak dapat mencapai harapan dan cita-cita pendidikan yang sesungguhnya.

Semoga sepanjang jalan kenangan murid,orangtua wali sebagai masyarakat guru akan dikenal sebagai pahlawan tanpa tanda jasa memberi ilmu ikhlas dan berkah, oleh karena itu guru dihormati dan diberi ucapan rasa terima kasih oleh penghuni dunia yang merasakan pendidikan melalui  kerja perjuangan profesional seorang guru. Dibalik suka duka guru di dunia pendidikan ini hanyalah episode hidup sementara, sekejap dan tak sebanding dengan kehidupan akhirat yang akan diperolehnya kelak, berharap dari ayunan dan genggaman tangan anak didik nanti bagaikan sebutir mutiara yang berkilau serta cahayanya akan menembus pintu syurga dan bersama mengajak para guru untuk menjadi penghuni didalam kehidupan bahagia abadi sesungguhnya.

Sekilas kemudian kita balik kemasa dimana kala itu usia kalian baru enam tahun waktu pertama kali datang kesekolah diantar orangtua dan enam tahun kemudian, kalian dijemput kembali oleh orangtua dengan kondisi sudah berkembang menjadi pribadi yang mandiri,berkembang dan sampailah dititik puncak acara hari ini kamis,tanggal 08 Juni 2023 yaitu Pengumuman Kelulusan. Dalam hal ini tentunya para orangtua/wali mengantungkan harapan bahagia hingga bercampur dengan perasaan ketar-ketir dan penuh tanda tanya dibenak pikiran masing-masing adakah nanti setelah menerima hasil pengumuman keberuntungan ada dipihak anaknya. Setelah pembagian amplop kelulusan diterima dan dbuka dengan mengucapkan syukur. Alhamdulillah anak kelas 6 Tahun Pelajaran 2022-2023 SD Negeri 61 Kota Pangkalpinang dinyatakan lulus 100%. Moment berharga inipun tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata, bahagianya  anak-anak yang didampingi orangtua/wali memenuhi ruangan kelas 6 SD Negeri 61 Pangkalpinang membuka hasil pengumuman yang tertera kata “ LULUS

Kepala Sekolah Ibu Mulyani dalam sambutannya menyampaikan bahwa “pelaksanaan pengumuman kelulusan pada satuan pendidikan sekolah dasar ditetapkan pada tanggal 8 Juni 2023 berdasarkan Perka BSKAP Nomor 004 Jo Nomor 008 Tahun 2023 pasal 7.”

Diakhir sambutan beliau menyampaikan harapan dan doa untuk siswa/siswi, “Selamat dan sukses selalu menuju ke jenjang yang lebih tinggi. Bangun dan raih mimpi-mimpi bahagiakan kedua orangtua. Para guru mendoakan yang terbaik untuk generasi emas EnsaPgk Unggul cerdas ceria berprestasi. Tetaplah menjadi anak baik dimanapun berada dan menjaga nama baik sekolah sampai kapanpun juga.”

Saat ini perasaan senang,bahagia dan bangga tentu dirasakan para orangtua/wali serta siswa/siswi yang dinyatakan lulus terlebih lagi  bisa lulus dengan nilai yang memuaskan.

Anak-anak teruslah berjuang, belajarlah, dimana pun, kapan pun dan dari siapa pun belajar sepanjang hayat menjadi pedoman penting dalam kehidupan. Teruslah Berkarya, dan tidak harus menunggu berkompeten karena sebagai manusia sudah dianugrahi keunggulan dan potensi masing-masing, berkaryalah dengan potensi dan keunggulan yang kalian miliki. Jadilah pribadi yang bermanfaat untuk orang banyak,sekecil apapun tindakan yang kalian lakukan, selama mampu memberi manfaat untuk orang banyak, maka tindakan tersebut sumber kekuatan menuju kesuksesan.

Selamat berjuang anak-anak generasi hebat!

“Tonggak pertama telah tercapai. Saatnya kepalkan tangan lebarkan sayapmu dan terbanglah setinggi -tingginya tuk menggapai bintang dilangit. Selamat atas kelulusan kalian. Semoga  sukses dalam hidup meraih cita.”

 

Tinggalkan Balasan