Mulai Senin, Siswa Belajar di Rumah Melalui Siaran TVRI, Ini Jadwalnya Mulai dari PAUD Hingga SMP

0 144

Siswa-siswi PAUD, SD dan SMP di Kota Pangkalpinang mulai Senin (13/4) akan memanfaatkan materi belajar dari rumah melalui tayangan program TVRI.

Belajar dari rumah melalui siaran televisi ini merupakan program yang dikeluarkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, Eddi Supriadi, mengatakan, selama tiga bulan pelajar sekolah dapat menggunakan alternatif belajar melalui siaran TVRI.

Ini merupakan upaya Kemendikbud membantu terselenggaranya pendidikan dimasa darurat Covid-19.

Dia menuturkan, cara belajar dengan menonton televisi ini dapat digunakan sebagai alternatif agar tidak bosan dengan pembelajaran daring.

“Nonton televisi sambil belajar. Nanti ada jadwal-jadwalnya tiap kelas tayang program belajarnya pukul berapa. Kami mensosialisasikan ini ke sekolah-sekolah, bisa dijadikan alternatif kemungkinan orang tua dan siswa jenuh. Jadi Kemendikbud menggandeng TVRI membuat alternatif pembelajaran melalui siaran ini,” kata Eddi, Sabtu (11/4/2020).

Dia menuturkan, selama belajar dari rumah melalui siaran televisi, orang tua diharapkan turut membimbing dan mengawasi anak setiap jadwal yang diikutinya.

Begitu pun dengan guru, yang harus selalu memantau perkembangan siswa melalui whatsapp group.

“kami pikir alternatif ini sangat membantu orang tua dan siswa di rumah. Menonton sambil belajar,” tambah Eddi.

Eddi menyebut, ini merupakan alternatif yang bisa digunakan untuk belajar di rumah. Pihaknya pun tidak membatasi guru-guru yang ingin tetap memberi materi melalui whatsapp group. Namun, guru-guru tidak diperbolehkan menuntaskan kurikulum pembelajaran, melainkan hanya memberikan penguatan terharap peserta didik.

“bukan penilaian, tidak ada lagi nilai untuk siswa, tugas ini hanya memberi penguatan, bukan lagi untuk penentuan kelulusan atau naik kelas,” kata Eddi.

Dia menegaskan, guru-guru tidak diperbolehkan memberikan tugas terlalu banyak apalagi sampai membebani anak. Dia menyebut, cukup dengan mengisi pembelajaran di rumah dengan santai dan ciptakan suasana gembira.

“selama belajar di rumah ini bukan penentu siswa itu naik kelas atau lulus tidaknya, tapi kita apresiasi semua dan ini sebagai penguatan kepada peserta didik,” tutup Eddi.

Jadwal belajar dari rumah melalui siaran TVRI:

1. PAUD, mulai pukul 08.00 WIB sampai 08.30 WIB.

2. SD (Kelas 1,2,3) mulai pukul 08.30 WIB sampai dengan 09.00 WIB.

3. SD (Kelas 4,5,6) mulai pukul 10.30 WIB sampai dengan pukul 10.30 WIB

4. SMP mulai pukul 10.30 wib sampai pukul 11.00 WIB.

Sumber : Bangka Pos

Leave A Reply

Your email address will not be published.