13 Sekolah Mendapatkan Penghargaan Piagam Bintang Keamanan Pangan Sekolah

0 4

Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) gelar workshop program intervensi keamanan pangan jajanan anak sekolah (PJAS), Senin (25/11/2019).

Kegiatan yang digelar di Ballroom Swiss Bell Hotel juga dihadiri oleh Dinas Kesehatan Bangka Belitung dan beberapa sekolah di Bangka Belitung.

Kepala Dinas Kesehatan Bangka Belitung Mulyono Susanto, mengungkapkan kegiatan BPOM juga mendukung program pemerintah.

“Tentunya kegiatan ini yang sudah berlangsung selama tiga tahun dan ini sudah melakukan evaluasi. Saya bangga sekali khususnya dari kesehatan, bahwa memang salah satu program pemerintah adalah gerakan masyarakat hidup sehat, tentunya salah satunya bagaimana kita mendapatkan makanan yang sehat,” ujar Mulyono.

Pola makanan yang sehat tidak hanya berasal dari keluarga saja, namun sekolah juga memegang peranan penting dalam kesehatan anak.

“Karena itulah PJAS menjadi salah satu hal yang prioritas untuk dilakukan evaluasi. Kita lihat kualitasnya sehingga anak-anak terbebas dari makanan yang berbahaya baik dari kimia, biologi ataupun fisiknya,” tuturnya.

Lebih lanjut Mulyono mengatakan kantin sekolah menjadi sorotan dalam kesehatan terutama terhadap makanan anak-anak sekolah.

“Ini merupakan salah satu progan UKS (Upaya Kesehatan Sekolah). Tentunya salah satunya dinilai adalah kantin sekolah. Hal ini berkerja sama dengan BPOM sudah melancarkan kegiatan ini. Hasilnya anak-anak kita jadi kader keamanan pangan dan ini luar biasa,” lanjutnya.

Sementara itu Kepala BPOM Pangkalpinang, Hermanto menjelaskan ada 13 sekolah yang mendapatkan penghargaan bintang keamanan pangan sekolah.

“Dari 122 sekolah ada 13 sekolah yang mendapatkan piagam bintang keamanan pangan sekolah. Jadi program keamanan pangan sekolah mulai dari lima Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Bangka Belitung yaitu di Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Bangka Selatan dan Kabupaten Belitung,” kata Hermanto.

Berikut daftar sekolah peraih penghargaan bintang keamanan pangan sekolah:

1. SDN 17 Tanjung Pandan
2. SDN 23 Tanjung Pandan
3. SMPN 3 Sijuk
4. SMPN 2 Badau
5. SMAN 1 Tanjung Pandan
6. SDN 8 Sungailiat
7. MIN 1 Bangka
8. SMAN  Sungailiat
9. SMPN 1 Koba
10. SDN 30 Pangkalpinang
11. SDN 37 Pangkalpinang
12. SDN 6 Pangkalpinang
13. SMAN 3 Pangkalpinang.

Sumber : Bangka Pos

Leave A Reply

Your email address will not be published.