You are currently viewing PROJEK PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5)Projek terakhir pada tahun pelajaran 2023-2024 mengusung Tema REKAYASA DAN TEHNOLOGI.

PROJEK PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5)Projek terakhir pada tahun pelajaran 2023-2024 mengusung Tema REKAYASA DAN TEHNOLOGI.

oleh : Herlina (kepsek SMPN2)

Matahari terasa menggarang, padahal baru pukul 08.00, anak-anak tampak gelisah, tentu saja sebab mereka sudah siap-siap satu jam sebelumnya.

Kegelisahan pun berganti dengan wajah ceria tatkala kegiatan Projek Penguatan Profil pelajar Pancasila yang ke -3 untuk tahun pelajaran 2023-2024 dibuka oleh Asisten 1 Pj Walikota Pangkalpinang.

Kegiatan pembukaan dipusatkan di lapangan upacara untuk kelas 7 dan 8 diisi dengan menyanyikan lagu profil pelajar pancasila dan diisi dengan sambutan kepala sekolah SMPN2 yang intinya adalah bahwa Gelar atau Pamer karya bukan lah semata-mata berfokus pada produk, melainkan pada proses pemecahan terhadap suatu masalah yang dibungkus oleh dimensi profil pelajar pancasila. P5 adalah projek Karakter, jadi bertumbuhlah bersama dimensi beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak mulia, serta dimensi lain yang mendukung tema dan mengusung topik yang sedang digarap. Lebih lanjut kepala sekolah menjelaskan bahwa karakter yang terdapat pada projek ini berguna untuk bekal di masa mendatang dimana arus globalisasi terus bergulir, berubah dan tak dapat dibendung.

Selanjutnya direktur bank sampah dari Dinas Lingkungan Hidup kota Pangkalpinang yang banyak berperan dalam memberikan sumber pencerahan kepada anak-anak tentang sampah organik dan An organik pada saat masa orientasi diawal penggarapan projek turut memberi sambutan. Hadir bersama pak direktur teman-teman dari Komunitas pengelolaan sampah, dan dengan antusias ikut memberikan penjelasan kepada para pengunjung khususnya pak Asisten tentang bagaimana kepiawaian tangan-tangan mungil kelas 7 dan 8 telah menyulap sampah organik menjadi pupuk kompos dan pupuk cair serta memanfaatkan sampah an organik menjadi benda-benda yang bernilai guna.

Tinggalkan Balasan